Sabtu, 08 November 2014

RPP K13 LAPORAN TEKS OBSERVASI BAHASA INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 :  MAN Wangiwangi
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  X/Genap
Bab                                         : Gemar Meneroka Alam Semesta
Materi Pokok                         :  Teks Laporan hasil observasi
Alokasi Waktu                       :  4 X 45 Menit


A.       Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan nya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
2.1  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan public
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator         : 
1)      Mengidentifikasi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
2)      Menentukan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi

4.1  Memproduksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat, baik secara lisan maupun tulisan

Indikator     :
1)      Membuat teks laporan hasil observasi
2)      Mempresentasikan teks laporan hasil observasi


C.  Tujuan Pembelajaran  
     Pertemuan I.
1.      Melalui pengamatan pada alam sekitar sekolah peserta didik dapat mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah Swt
2.      Melalui kegiatan diskusi kelompok tentang pengamatan pada alam sekitar kelas  peserta didik dapat bekerja sama untuk menentukan struktur dan kaidah teks laporan observasi
   Pertemuan II.
1.      Melalui pengamatan pada alam sekitar sekolah, peserta didik dapat menulis teks laporan hasil observasi dengan struktur dan kaidah yang baik dan benar
2.      Setelah mengumpulkan informasi untuk memperbaiki struktur dan kaidah teks laporan observasi siswa dapat mempresentasekan teks laporan observasi.


D.    Materi Pembelajaran 
  1. Laporan hasil observasi

Teks laporan juga disebut teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi  mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, kalian diharapkan dapat membangun teks laporan yang benar.Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya. Teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual. Untuk melaporkan kehidupan harimau, misalnya, kalian dapat mulai dengan membuat klasifikasi jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri, habitat, dan kebiasaan hidup harimau itu.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
1.      Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya.Dengan  melakukan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
2.      Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda  hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut benda hidup dan yang kedua disebut benda mati. Benda hidup mempunyai ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda  hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
3.      Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuhtumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak  dapat dilakukan oleh hewan. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan  sendiri, sedangkan hewan tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai  bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuhtumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
4.      Selanjutnya, hewan dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, kucing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
(Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)

                                                       Contoh Objek yang diamati






E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan        : Saintifik
Metode              : PBL
  Diskusi kelompok
                            Penugasan

F.      Media, Alat, dan Sumber

Media Pembelajaran
1.      Gambar Alam ”hutan”
2.      Teks Laporan Observasi
Alat
1.      Laptop
2.      Proyektor
3.      Teks Laporan Observasi
Sumber
1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Dikbud, (hal 2 -10).
2.      http//ld.haris7.blogspot.com
3.      http.tulatulaliya.blogspot.com
     
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran         

PERTEMUAN 1 (2 JP)

1.     Pendahuluan (10 menit)
1)      Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
2)      Guru mengaitkan materi yang akan diajarkan dengan pengetahuan awal.
3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4)      Guru menjelaskan pentingnya membuat laporan observasi
5)       Menjelaskan alur kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan (wajib)
6)       Guru membagi kelompok

2. Kegiatan Inti (65 menit)
a.    Mengamati:
Siswa diajak keluar kelas untuk melakukan pengamatan pada alam yang ada disekitar kelas

b.   Menanya
Guru memberikan perntanyaan kepada siswa tentang bagian dan manfaat objek yang diamati
Guru mengajak siswa kedalam kelas kemudian siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang teks laporan observasi

c.   Mencoba/mengumpulkan data
Setiap kelompok  mendiskusikan hasil pengamatan terhadap contoh teks laporan hasil observasi yang diberikan oleh guru

d.   Menalar
Setelah mendiskusikan contoh teks siswa mendiskusikan objek yang akan dimati

e.  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mengkomunikasikan alasan pemilihan objek yang akan diamatinya

2.     Penutup (15)
a.Simpulan  
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran tentang laporan hasil observasi
Guru memberikan penguatan tentang teks laporan hasil observasi
b.  Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

Pertemuan II

1.    Pendahuluan (15 menit)
1.    Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
2.    Guru memberikan pertanyaan terkait materi sebelumnya.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.    Guru menjelaskan pentingnya membuat laporan observasi
5.    Menjelaskan alur kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan (wajib)
2.    Kegiatan Inti (55 menit)
a.    Mengamati
Guru menugaskan setiap kelompok untuk mengamati objek yang telah ditentukan sebelumnya (dalam sekolah)
b.    Menanya
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang teks laporan observasi yang akan dibuat
c.    Mencoba/Mengumpulkan Data
Siswa mengumpulkan informasi tentang objek yang diamati (guru biologi, perpustakaan, dan internet, serta siswa jurusan IPA), kemudian siswa menyusun teks laporan hasil observasi
d.    Menalar
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laoran observasi yang telah dibuat

e.    Mengomunikasikan
Siswa mempresentasekan hasil teks laporan observasi kemudian kelompok lain menanggapainya

H. Penilaian
1.       Penilaian sikap
a.       Teknik                    :  Pengamatan Sikap
b.      Bentuk                    :  Lembar Pengamatan
c.       Instrumen

Lembar Observasi  = YANG HARUS DIBAWA KE KELAS

NO.
NAMA
ASPEK PENILAIAN
SKOR
NILAI
konversi
SPRITUAL
KERJA SAMA
DISIPLIN
BERBAHASA BAIK DAN BENAR
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
ANI


3


2




3



3

11
68.75
2.75
B
2
BUDI





















Rubrik

Deskripsi Kegiatan Siswa
Skor
·        Selalu
·        Sering
·        Cukup
·        Kurang

4
3
2
1
                                                                                                                       
Pedoman Penilaian sikap:

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek

Nilai      =    Skor perolehan           x 100
                  Skor maksimal (12)

Konversi nilai  = (nilai / 100) x 4

            a.  Teknik                      : Tes tertulis     
            b.  Bentuk                     :  Uraian
            c.  Instrumen                 :
1. sebutkan pengertian teks laporan hasil observasi!

Lembar Kerja:

No.
Nama Siswa
Ketepatan Menjawab Soal
Ketepatan mengisi kolom kata kerja
Skor
Nilai
Konversi
1.
….
V
V
3
3
B+
2.
….










3.
Dst.










Rubrik

No.
Deskripsi
Skor
1.
Siswa menjawab pertanyaan benar semua
Siswa menjawab pertanyaan hampir benar semua
Siswa menjawab pertanyaan  sedikit yang benar
Siswa menjawab pertanyaan tidak ada yang benar
4
3
2
1
2.
Siswa menuliskan  kata kerja aktif transitif dan intransitif masing-masing 4
Siswa menuliskan  kata kerja aktif transitif dan intransitif masing-masing 3
Siswa menuliskan  kata kerja aktif transitif dan intransitif masing-masing 2
Siswa menuliskan  kata kerja aktif transitif dan intransitif masing-masing 1 atau tidak ada
4

3

2

1


            Nilai                  = Skor Perolehan          x 100 
                                       Skor maksimal (8)

            Konversi nilai = (nilai/100)   x 4

1.       Penilaian Keterampilan

Teknik                          : tes unjuk kerja
Bentuk                          : Tes lisan
Instrumen                     
1.    Buatlah teks laporan hasil observasi tentang alam sekitar!
2.    Identifikasilah struktur teks laporan hasil observasi yang telah anda buat!

Lembar Kerja:


No.
Nama Siswa
Struktur Teks
Identifikasi kekurangan
Skor
Nilai
Konversi
1.
….










2.










3.
Dst










Rubrik


No.
Deskripsi
Skor
1.


Siswa menyusun teks laporan hasil observasi runtut dan logis
Siswa menyusun  teks laporan hasil observasi cukup runtut dancukup  logis
Siswa menyusun  teks laporan hasil observasi kurang runtut dan kurang logis
Siswa menyusun  teks laporan hasil observasi tidak runtut dan tidak logis


4
3

2

1
2.
Siswa dapat mengidentifikasi 4  kekurangan teks laporan hasil observasi
Siswa dapat mengidentifikasi 3  kekurangan teks laporan hasil observasi
Siswa dapat mengidentifikasi 2  kekurangan teks laporan hasil observasi
Siswa dapat mengidentifikasi 1  kekurangan teks laporan hasil observasi
4

3

2

1

Nilai                  = Skor Perolehan          x  4 =
                             Skor maksimal (8)

                       
Konversi nilai = (nilai/100)   x 4)




Wakatobi, 12 October 2014
                                                                        Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



                                                                        La Ode Haris Idris, S.Pd.,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar